wegrow
post-imageMumu
Sayuran & Buah

Followed 0
WeGrow, Startup Yang Mendorong Masyarakat Terapkan Green Living (Jumat, 05 Nopember 2021)
Di tengah masa pandemi Covid-19, masyarakat semakin sadar bahwa gaya hidup sehat penting. Salah satu yang tengah tren adalah green living yang mendorong masyarakat lebih peduli akan lingkungan hidup. Hal ini yang menjadi dasar pengembangan startup WeGrow.Chief of Bussiness Development Officer dan Co-founder WeGrow, Riska Dwi Noviyanti, menyebut green living menjadi tren akhir-akhir ini karena pandemi telah mendorong orang-orang untuk tinggal, belajar, dan bekerja di rumah–jika memungkinkan.“Sebagai hasilnya, mereka menjadi sadar akan lingkungan dan gaya hidup sehat mereka,” ujar Riska dalam siaran pers, Jumat (22/10/2021).Startup ini terpilih sebagai salah satu pemenang ajang SheHacks 2021 yang digelar Indosat Ooredoo. Riska mengungkapkan, WeGrow awal didirikan pada tahun 2019 dengan berfokus pada microgreen dan salad kit. Saat itu nyaris 1.500 produk terjual dalam enam bulan pertama. Selanjutnya, startup ini mengembangkan lebih banyak produk dan lokakarya, berkolaborasi dengan mitra, dan beralih ke edtech platform komunitas dengan berbagai bidang minat, termasuk pertanian perkotaan, fermentasi, dan pengelolaan limbah rumah.Kini cakupan aktivitas WeGrow mulai dari memperkenal cara membuat makanan sehat hingga mengelola sampah rumah.“Kami berusaha membantu para peminat gaya hidup sehat mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan yang lebih terjangkau,” tutur Riska. Dia menegaskan, WeGrow berambisi menjadi enabler bagi para penggemar gaya hidup sehat.SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang, menyatakan bahwa SheHacks 2021 hadir dengan tujuan sederhana: memberdayakan lebih banyak perempuan di bidang teknologi dan memanfaatkan potensi teknologi lebih inklusif.“Kami bangga memiliki WeGrow sebagai salah satu pemenang SheHacks karena kami memiliki visi yang sama untuk memanfaatkan penggunaan teknologi dalam menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan dan kehidupan yang lebih baik bagi semua orang tanpa kecuali,” tutur Steve.


Sumber:
https:// youngster.id/ headline/ wegrow-startup-yang-mendorong-masyarakat-terapkan-green-living/

1  View all comments
1
942
post-imageRiska Dwi Noviyanti
Sayuran & Buah

Followed 1
Kecil Tapi Manfaatnya Banyak (Kamis, 22 Juli 2021)
Ngobrol tentang microgreen, ternyata diluar sana sudah banyak penelitian mengenai tanaman muda ini. Tim ilmuwan dari University of Maryland dan Departemen Pertanian AS menganalisis komposisi nutrisi dari 25 varietas microgreen yang tersedia secara komersial.Mereka menemukan bahwa secara umum daun kotiledon microgreen memiliki kepadatan nutrisi yang lebih tinggi daripada tanaman dewasa mereka (daun kotiledon adalah daun pertama yang tumbuh pada tanaman).Ada juga fakta menarik dari penelitian microgreen lainnya yaitu :Studi tahun 2012 tentang microgreens juga melaporkan bahwa bahkan sampel microgreen yang memiliki kadar vitamin C terendah mengandung 20 miligram vitamin C per 100 gram – itu hampir dua kali lipat jumlah vitamin C yang ditemukan dalam tomat! Wow, amazing !Microgreen kubis merah memiliki kadar vitamin C tertinggi di antara varietas yang diuji, dengan porsi 100 gram menyediakan 147 miligram – atau 245% dari nilai harian – nutrisi penting ini. Sebagai perbandingan, satu porsi kubis merah mentah yang matang mengandung 57 miligram vitamin C (USDA).Tapi, jangan lupa makan sesuai porsi yang sudah ditentukan WHO ya teman-teman, gizi seimbang !Ini dia microgreen kubis merah yg dimaksud ! Udah kaya vitamin C, cantik pula untuk mempercantik sudut rumah, ya ?!


0  View all comments
0
9116
post-imageWegrow Admin
Sayuran & Buah

Followed 1
Sandwich Microgreen Bawang Daun

Sudah lama ya, WeGrow nggak kasih kamu tips atau resep makanan dengan bahan microgreen. Kali ini, kami akan kasih kamu resep sederhana tapi nendang banget rasanya : Sandwich Microgreen Bawang Daun.

Sandwich praktis dan mudah sekali membuatnya. Kamu bisa menjadikan sandwich buatanmu sebagai bekal atau makan siang. Satu porsi sandwich microgreen bawang daun dapat mencukupi kebutuhan empat sehat lima sempurnamu, lho!

Mudah membuatnya, semua kebutuhan gizi harian kamu juga terpenuhi. Keren, kan?

Bahan:
Dua lembar roti gandum tawar
Susu cair sekitar 150 ml
1 butir telur, rebus dengan metode hard boiled (keras), kupas dan iris tipis
Tomat, diiris tipis
Microgreen bawang daun, 50 gram
Merica (optional)
Garam (optional)
Margarine
Minyak zaitun (optional)
Salad dressing (pilih salah satu saja : mayonnaise, thousand island atau blue cheese)
Cheese cream/keju lembaran (optional)
Saus tomat (optional)
Saus sambal (optional)

Cara membuat:
1. Tuangkan susu cair ke piring atau mangkuk lebar, campur merica bubuk hingga merata (jika suka).
2. Masukkan dua lembar roti, rendam sebentar dengan susu.
3. Panaskan margarine di atas wajan pemanggang atau wajan anti lengket, panggang roti di atasnya, bolak balik hingga kecoklatan, sisihkan.
4. Panaskan minyak zaitun sebentar, masukkan tomat, taburi merica dan garam, panggang hingga agak garing, sisihkan.
5. Oles salad dressing ke permukaan masing-masing roti.
6. Susun bahan-bahan sebagai berikut : selembar roti, tomat panggang, irisan telur rebus, keju krim/lembaran, microgreen bawang daun, taburi saus tomat atau saus sambal (jika suka) dan tutup dengan lembaran roti lainnya. Potong dua, sajikan.

Gimana? Gampang banget kan? Semua bahannya mudah didapat di minimarket terdekat, kecuali microgreen bawang daun yang harus kamu tumbuhkan dulu :D


3  View all comments
3
10228
post-imageWegrow Admin
Sayuran & Buah

Followed 1
Bawang Daun : Bawang Musim Semi

Bawang daun dikenal juga dengan green onion, spring onion, scallion, atau juga salad onion. Bawang daun memiliki nama latin Allium Fistulosum.

Rasa dan bau bawang daun mirip dengan bawang bombai.

Tanaman bawang daun berbentuk bulat, memanjang, berlubang menyerupai pipa, dan bagian ujungnya meruncing. Bawang daun bisa digunakan sebagai bumbu atau penyedap pada masakan, atau juga menjadi hidangan pendamping (side dish) seperti kimchi bawang daun pada hidangan Korea.

Kamu bisa menemukan bawang daun ada di berbagai masakan Indonesia. Sebut saja gorengan, telur dadar, sup, soto, maupun bakso. Bahkan mi instan rebus pun bila perlu diberi irisan bawang daun sebagai taburan. Sebab, selain mi instan rebus menjadi tampak lebih cantik, irisan bawang daun juga memberikan tambahan rasa yang menyenangkan.

Meski dinamai spring onion atau bawang musim semi, namun sebenarnya bawang daun dapat tumbuh kapan saja, sepanjang tahun, karena bawang daun bukan termasuk tanaman musiman.

Bawang daun mengandung anti inflamasi, sehingga bawang daun dapat membantu peradangan pada tubuh.

Tidak hanya sebagai anti inflamasi, bawang daun juga bermanfaat sebagai anti bakteri, anti oksidan, anti protozoal dan anti jamur. Bawang daun juga kaya akan sumber vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, tiamin, serat makanan, vitamin B2, vitamin K, fosfor, tembaga, kalium, kromium, mangan, zeaxanthin, zat besi, magnesium, asam folat, lutein, dan beta karoten.

Karena kandungan-kandungan yang terdapat pada bawang daun, selain sebagai pereda peradangan, bawang daun dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan mencegah penyakit kanker.

Aroma microgreen bawang daun tidak sekuat aroma bawang daun dewasa. Sehingga, untuk kamu yang nggak suka aroma bawang, microgreen bawang daun bisa jadi pilihan untuk tetap mendapatkan khasiatnya.

Tentu saja semua kandungan hebat bawang daun ada di microgreen bawang daun. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, tanam dan makan microgreen bawang daun!


0  View all comments
1
10193
post-imageWegrow Admin
Sayuran & Buah

Followed 1
Si Hebat Sawi Hijau

Siapa yang tahu nama sayuran hijau yang selalu menjadi pendamping sajian bakso kuah?

Yap! Sayuran itu bernama Sawi Hijau. Dalam bahasa Sunda dikenal dengan istilah "sosin" yang kemungkinan besar diadaptasi dari nama "caisim" atau "caisin" dari bahasa Kanton "choy sum" yang berarti "hatinya sayur".

Nama latin dari sawi hijau ini adalah Brassica Rappa, yang pertama kali ditemukan tumbuh di Tiongkok, sebelum abad ke-15.

Penamaan sawi hijau ini kerap dikacaukan dengan nama "sawi sendok" atau "pakcoy" juga "kailan". Padahal sebenarnya, sawi hijau atau caisim ini memiliki bentuk yang sangat berbeda dibandingkan dengan pakcoy maupun kailan.

Sawi hijau populer sebagai sayuran pendamping sajian bakso, juga biasanya ada pada makanan yang dimasak menggunakan resep yang berasal dari Tiongkok. Sawi hijau dipanen pada usia 40 hari setelah pindah tanam dari fase microgreen, yang perlu diolah dengan cara dilayukan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Baik itu dengan cara direbus atau direndam air panas beberapa saat maupun ditumis.

Sementara itu, untuk sawi hijau yang dipanen pada fase microgreen, hanya cukup dengan dicuci bersih, sudah dapat dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu, lho!

Sawi hijau atau caisim ini mengandung sangat banyak nutrisi dan menduduki peringkat kedua dari 41 jenis sayuran dengan kekayaan nutrisi terbanyak.

Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada tubuh sawi hijau di antaranya adalah Kalsium, Mangan, Besi, Selenium, Magnesium, Natrium, Kalium, Zinc, vitamin A, B1, B2, B3,B5, B9, C, dan K.

Karenanya, sawi hijau bermanfaat sebagai detoks alami, mempertahankan kadar gula darah, menjaga kesehatan jantung juga kulit, meningkatkan respon imun terhadap infeksi, serta mencegah hipertensi.

WeGrow menyediakan kit microgreen caisim atau sawi hijau ini, lho! Anda dapat menanam, merawat, memanen, dan mengonsumsinya sendiri, lho! Bagi-bagi juga boleh!

Maka dari itu, jangan sia-siakan kesempatan menjaga tubuh tetap sehat dengan cara mudah dan murah, yaitu makan si kecil hebat Microgreen Sawi Hijau!


0  View all comments
3
10195
post-imageWegrow Admin
Sayuran & Buah

Followed 1
Warna-Warni pada Sayuran

Warna-warni pada tumbuhan bukan hanya menambah mempercantik, namun juga memberi manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh kita. Warna pada sayuran berasal dari pigmen yang terkandung di dalamnya. Warna hijau yang terdapat dalam pakchoy, selada, dan bayam berasal dari pigmen klorofil. Warna merah pada tomat, apel, dan kubis merah berasal dari pigmen antocyanin. Warna kuning pada kunyit, jagung, dan pir berasal dari pigmen xanthophyl. Sedangkan warna oranye pada wortel bisa kita temukan karena terdapat pigmen betakaroten.

Setiap pigmen memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita. Karenanya kita disarankan mengonsumsi sayuran dalam berbagai warna untuk melengkapi asupan gizi harian kita. Dalam memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin, kita disarankan mengonsumsi 250 gram sayuran dan 150 gram buah setiap hari.

Bila rutin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan secara teratur, tubuh akan terasa lebih sehat dan segar, lho! Maka dari itu, ayo, rutinkan makan sayur dan buah!


1  View all comments
3
10194
post-imageWegrow Admin
Sayuran & Buah

Followed 1
Power Salad

Microgreen salad dengan rasa yang unik
Microgreen memiliki rasa dan tekstur yang unik, ditambah dengan dressing salad yang beragam menjadikan Power Salad dapat dikonsumsi dan disenangi oleh anak – anak remaja hingga orang tua

Bahan sayuran kualitas terbaik
Bahan sayur yang kami gunakan merupakan sayur pilihan terbaik yang terjamin kualitasnya

Sehat dan kaya akan nutrisi
Microgreen memiliki nilai nutrisi 4-40 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanaman dewasa. Microgreen mengandung zat besi, magnesium, kalium, dan berbagai vitamin yang berkontribusi terhadap kesehatan manusia.


5  View all comments
3
10435
post-imageWegrow Admin
Sayuran & Buah

Followed 1
Jamur

Tidak banyak yang sadar, bahwa rumah tempat tinggal kita dapat membantu kita dalam memproduksi makanan keseharian kita sendiri.

Kit Jamur dari WeGrow merupakan sebuah lemari yang disertai empat bakal jamur tiram. Jamur ini dapat dipanen hingga tiga bulan. Dengan tampilan menarik, lemari ini dapat difungsikan sebagai penghias dapur juga, lho! Kit ini disertai panduan dalam bentuk aplikasi.

Manfaat mengonsumsi jamur tiram putih antara lain:
1. Mengandung antioksidan
2. Anti bakteri
3. Memiliki senyawa antikolesterol
4. Mencegah kanker

Yuk! Mari kita mencoba budidaya jamur sendiri!


1  View all comments
3
10199
post-imageWegrow Admin
Sayuran & Buah

Followed 1
Mengapa Kita Harus Makan Sayur?

Tahukah kamu bahwa makanan menentukan kesehatan tubuhmu? Makan sayur setiap hari sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun masih banyak yang melewatkannya, padahal sayuran kaya akan sumber vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh kita .

Di dalam sayuran terdapat berbagai macam vitamin seperti vitamin A, C, E, dan kalsium. Vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata, kekebalan, serta pertumbuhan tubuh. Vitamin C berguna untuk menjaga kulit tetap sehat bersinar, melancarkan pencernaan serta mengandung antioksidan. Vitamin E mampu melancarkan peredaran darah, mencegah rambut rontok, serta mengatasi keriput pada kulit. Sedangkan kalsium berfungsi membentuk tulang dan gigi yang kuat serta menjaga fungsi otot dan syaraf.

Selain vitamin dan kalsium, sayuran juga mengandung banyak serat berguna. Serat dalam sayuran dapat membantu memelihara kondisi tubuh dan mencegah berbagai penyakit berbahaya. Serat juga dapat membantu masalah sembelit, karena serat mampu melancarkan saluran pencernaan. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sayur.

Tunggu apa lagi? Yuk makan sayur untuk hidup yang lebih sehat!


2  View all comments
4
10206
post-imageWegrow Admin
Sayuran & Buah

Followed 1
Tumbuhnya Sebutir Biji

Berkembang biak merupakan salah satu ciri makhluk hidup yang penting. Sebab dengan berkembang biak, makhluk hidup dapat memperoleh keturunan agar tidak punah. Berkembang biak dilakukan baik oleh semua makhluk hidup, termasuk tumbuhan.

Perkembangbiakan pada tumbuhan dilakukan melalui dua cara, yaitu vegetatif atau generatif.

Perkembangbiakan vegetatif dapat dilakukan dengan pertumbuhan tunas, stolon, stek, dan semacamnya.

Sementara itu pada perkembangbiakan generatif, terjadi pertemuan antara sel kelamin jantan dengan betina yang melebur menjadi embrio yang merupakan cikal bakal individu baru. Embrio biasanya dibungkus cadangan makanan dalam bentuk biji.

Biji bermula dari bakal biji. Pada umumnya, biji berisi embrio tumbuhan dan cadangan makanan. Proses biji menjadi kecambah diawali dengan masuknya air pada biji. Masuknya air ini menjadikan kulit biji lebih mudah ditembus partikel, seperti oksigen. Dengan masuknya oksigen ke dalam biji, enzim yang berfungsi mengubah pati menjadi gula sederhana mulai aktif.

Proses perkecambahan biji diawali dengan proses imbibisi atau masuknya air. Proses imbibisi menyebabkan kulit biji lebih permeabel (mudah ditembus oleh partikel) terhadap gas seperti oksigen dan mengaktifkan hormon giberelin yang akan mengaktifkan enzim alpha amilase. Enzim ini berfungsi dalam pemecahan pati menjadi gula sederhana yang menjadi sumber nutrisi bagi embrio tanaman agar dapat bertumbuh. (Evert, 2007).

Perkecambahan dapat teramati saat tumbuhnya tonjolan berwarna putih. Kemudian tumbuh bakal akar (radikula) dan pelindung daun (koleoptil). Selanjutnya akan muncul daun primer, daun sekunder, dan akar sekunder (IRRI, 1994).

Biji membutuhkan kondisi tertentu terkait suhu, sinar matahari, dan kelembapan juga tempat tumbuh yang sesuai untuk dapat memulai proses perkecambahannya. Jika kondisi-kondisi ini sudah terpenuhi, biji akan bertumbuh menjadi tanaman sesuai harapan.


0  View all comments
2
10189